BAHASA ARAB YANG BIASA DIPAKAI SEHARI-HARI

Ir. EKAJAYA

Bismillah..
Bahasa arab yang biasa dipakai sehari2......
1.Syukron = Terima kasih.
2.Wa iyyak = Sama-sama
3.Tafadhdhol = silahkan (untuk umum)
4.Tafadhdholiy = silahkan (untuk perempuan)
5.Ukhti = Saudari perempuan
6.Akhi = Saudara laki-laki
7.Akhwat = Perempuan
8.Ikhwan = Laki laki.
9.Afwan = Maaf
10.Na'am = Iya
11.Laa adri = Tidak tau
12.Ana = Aku
13.Anti = Kamu (perempuan)
14.Anta = Kamu (laki-laki)
15.Illa = Kecuali
16.antum = kalian (laki2)
17.antunna = kalian (prempuan)
18.huwa = dia (laki2)
19.hiya = dia (prempuan)
20.Mumtaaz = Hebat,bagus banget (Untuk pujian)
21.Yakfi = Cukup
22.Shahih = Benar
23.Jazakumullah khairan = semoga ALLAH memmbalas kalian dengan lebih baik
24.Jazaakallahu khairan = semoga ALLAH membalasmu (laki2) dengan lebih baik
25.Jazaakillahu khairan = semoga ALLAH memmbalasmu (perempuan) dengan lebih baik
26.Wa iyyaka = Semoga engkau juga dibalas dengan kebaikan ( Untuk laki2)
27.Wa iyyaki = Semoga engkau juga dibalas dengan kebaikan (Untuk perempuan)
28.Baarakallah = Semoga Allah memberkahi
29.Barakallah fikum= Semoga Allah memberkahi kalian.
30.Baarakallahu laka = Semoga Allah memberkahimu (Untuk laki2)
31.Baarakallahu laki = Semoga Allah memberkahimu (Untuk perempuan)
32.Rahimakumullah = Semoga Allah merahmati kalian.
33.Hafizhanallah = Semoga Allah menjaga kita.
34.Hafizhakumullah = Semoga Allah menjaga kalian.
35.Shadaqta = Engkau benar (Untuk laki2)
36.Shadaqti = Engkau benar (Untuk perempuan)
37.Syafakallah = Semoga Allah menyembuhkanmu (Untuk Laki2)
38.Syafakillah = Semoga Allah menyembuhkanmu (Untuk perempuan)
39.Hadaanallah = Semoga Allah memberi kita petunjuk/Hidayah.
40.Allahu Yahdik = Semoga Allah memberimu petunjuk/ Hidayah
41.maa dza ta’malu ? = apa yg sedang kamu kerjakan ?
42.Allahumma ajurny fi mushibaty wakhlufly khairan minha = ya ALLAH berilah pahala pada musibahku dan gantikanlah dg yg lebih baik darinya.

BELAJAR BAHASA ARAB, YUK!
Ungkapan yang biasa digunakan dalam bahasa Arab
 Syukron ( شكرًا ) = Terima kasih
 'Afwan ( عفواً ) = Sama-sama
 Aseef (asif) ( آسف ) = Saya minta
      maaf
 Hasanan ( حسناً ) = Baiklah
 Rubbamaa ( ربّما )/yumkin = Mungkin
 Intabih ( انتبِه ) = Awas! (Peringatan)
 Ihzar ( احذر ) = Berhati-hatilah
 Laa tansa' ( لا تنسىٰ ) = Jangan lupa
 Samiin ( سمين ) = Gemuk
 Nahiifun ( نحيف ) = Kurus
 Tawiilun ( طويل ) = Panjang
 Qasirun ( قصير ) = Pendek
 Khofiidhun ( خفيض ) = Rendah
 Yaum ( يوم ) = Hari
 Usbu' ( أسبوع ) = Minggu
 Syahr ( شهر ) = Bulan
 Sanah ( سنة ) = Tahun
Ucapan dalam bahasa arab
 Masaaul khair ( مساءالخير ) = Selamat sore
 Masaaun nuur ( مساءالنور ) = Ucapan balasan selamat sore
 Lailatu sa'idah ( ليلة سعيدة ) = Selamat malam
 Sobaahul khair ( صباح الخير ) = Selamat pagi
 Sobaahunnur ( صباح النور ) = Ucapan balasan selamat pagi
 Naharun sa'idah ( نهار سعيدة ) = Selamat siang
 Bitaufiiq wannajaah ( بالتوفيق والنجاح ) = Semoga berjaya
 Salam ukhuwah ( سلام اخوة ) = Salam persaudaraan
 Jazakallahu khairan ( جزاك الله خيرا ) = Semoga Allah membalasmu (laki-laki) dengan kebaikan
 Azzhomallahu ajrak ( عظّم الله أجرك ) = Semoga Allah memberimu pahala yang besar
 Uhibbuki ( أحبكِ ) = Saya sayang kamu (perempuan)
 Uhibbuka ( أحبكَ ) = Saya sayang kamu (laki-laki)
Ganti nama/personal pronouns
 Anaa ( أنا ) = Aku / Saya
 Anta ( أنتَ ) = Kamu (laki-laki)
 Anti ( أنتِ ) = Kamu (perempuan)
 Huwa ( هُوَ ) = Dia (laki-laki/seorang)
 Hiya ( هِيَ ) = Dia (perempuan/seorang)
 Huma ( هماَ ) = Dia (laki-laki / perempuan = 2orang)
 Hum ( هُمْ ) = Dia (laki-laki = 3org+)
 Hunna ( هنَّ ) = Dia (perempuan = 3org+)
 Nahnu ( نحنُ ) = Kami
 Antum ( أنتم ) = Kalian (ramai)
 Jamiilah ( جميلة ) = Cantik
 Qabihah ( قبيحة ) = Jelek
 Nadziifun ( نظيف ) = Bersih
 Kaslaan ( كسلان ) = Malas
 Ata'allamu ( أتعلم ) = Saya belajar
 A'kuluu ( أاكل )  = Saya makan
 Asyrobu ( أشرب ) = Saya minum
 Aqro u ( أقرا ) = Saya membaca
 Aktubu ( أكتب ) = Saya menulis
 Atakallamu ( أتكلم ) = Saya berbicara
 Amsiku ( أمسك ) = Saya memegang
 A'malu ( أعمل ) = Saya mengerjakan
 Albasu ( ألبس ) = Saya memakai pakaian
 Toriiqon ( طريق ) = Jalan
 Baytun ( بيت ) = Rumah
 Mirsamun ( مِرسم ) = Pensil
 Qolamun ( قلم ) = Pulpen
 Mimsahatun ( ممسحة ) = Penghapus
 Mishbaahun ( مصباح ) = Lampu
 Sabbuurotun ( سبورة ) = Papan tulis
 Kaifahaluka? ( كيف حالكَ ) = Apa kabar? (Laki-Laki)
 Kaifahaluki? ( كيف حالكِ ) = Apa kabar? (Perempuan)
 Askunu fi.. ( ..أسكن في ) = Saya tinggal di..
 'Umri ( عمري ) = Umur saya
 Masmuki? ( ما اسمكِ ) = Siapa namamu? (Perempuan)
 Masmuka? ( ما اسمكَ ) = Siapa namamu? (Laki-Laki)
 Ana tilmiidzatun ( انا تلميذة ) = Saya seorang murid (Perempuan)
 Ana tilmiidzun ( انا تلميذ ) = Saya seorang murid (Laki-Laki)
 Ahlam Sa'iidah ( احلام سعيدة ) = Semoga mimpi indah
 Syafakallah ( شفاك الله ) = Semoga Allah menyembuhkan kamu (Laki-Laki)
 Syafakillah (شفاكِ الله) = Semoga Allah menyembuhkan kamu (Perempuan)
 Ukhwahfillah ( اخوة في الله ) = Persahabatan karena Allah
 Ukhti ( اخت ) = Kakak (Perempuan)
 Akhi ( أخ ) = Kakak (Laki-Laki)
 Zaujy ( زوج ) = Suami (Pasangan L)
 Zaujah ( زوجة ) = Istri (Pasangan P)
 Asiff Jiddan ( آسف جداً ) = Beribu maaf
 Ukhwahfillah Abadan Abada ( اخوة في الله أبداً ابدا ) = Persaudaraan/Persahabatan karena Allah selama-lamanya
 Fa'idza 'Azamta fatawakkal 'alallah ( فإذا عزمت فتوكل على الله ) = Setelah kamu berazam maka bertawakallah kpda Allah
 Inni Akhaafullah (إني أخاف الله) = Sesungguhnya aku takut kpda Allah
 Maafi Qalbi Ghairullah ( مافي قلبي غير الله ) = Tiada di hatiku selain Allah
 Lau Samatha ( لَو سمحتَ ) = Maafkan Saya
 Naltaqi Ghadan ( نلتقي غداً ) = Kita jumpa besok
 Illalliqa' ( الى اللقاء ) = Sampai berjumpa kembali
 Tafadhdhol (تفضل ) = Silakan
 La Aadri/ la 'a'rif ( لا أدري ) = Saya tak tahu
 Maa fii Musykilah ( مافي مشكلة ) = Tiada masalah
Jazakallahu khairan khatsiiran جزاكَ الله خيراً كثيراً ) = Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan (Laki-Laki)
 Jazakillahu khairan khatsiiran ( جزاكِ الله خيراً كثيراً ) = Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan (Perempuan)
 Jazakumullahu khairan khatsiiran ( جزاكمُ الله خيراً كثيراً ) = Semoga Allah membalasmu dengan kebaikan (L & P)
 Wa iyyaka ( وإياك) = Dan untukmu jua (Laki-Laki) *balasan u/ ucapan jzkllah
 Wa iyyaki ( وإياكِ ) = Dan untukmu jua (Perempuan) *balasan u/ ucapan jzkllah
 Allahu khairul jaza' ( الله خير الجزاء ) = Allah adalah Sebaik-baik Pemberi balasan
 Fahimtum? ( فهمتم ) = Apakah kalian faham?
 Fahimna ( فهمنا ) = Kami telah faham
 Ijhad wala taksal ( اجهدْ ولا تكسلْ ) = Bersungguh2 dan janganlah kamu malas
 La Tahzan Innallaha Ma'anaa ( لا تحزنْ انا الله معنا ) = Jgnlah bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita
 Kafaa Bilmauti waa'izhan ( كفى بالموت واعظاً ) = Cukuplah kmatian itu mjadi peringatan
 Bi idznillah ( بإذن الله ) = Dengan izin Allah
 In syaa Allah kullu khoiir , Aamiin ( إن شاء الله كل خير. آمين ) = Atas izin Allah semuanya baik , Aamiin
 Barakallahu Fiik ( بارك الله فيك ) = Semoga Allah memberkahi kamu
 Na'am ( نعم ) = Ya
 Yallah bi sur'ah ( يالله بسرعة ) = Mari2 cepat (lekas2)
 Ismahli ya ustadz/ustadzah ( اسمحلي يا أستاذ/أستاذة ) = Permisi wahai ustadz/ustadzah
 Uridu an azhaba ila dauratul miyah ( أريد أن أذهب الى دورة المياة ) = Saya ingin ke kamar mandi
 Anaa aidhon ( أنا أيضاً) = Saya juga
Semoga bermanfa'at dan bisa di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, yaa akhy wa ukhti ...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAKI-LAKI IDAMAN