WASIAT-WASIAT KENABIAN YANG PENTING BAGI ANAK

Ir. EKAJAYA

Asy-Syaikh Muhammad bin Jamil Zainu rahimahullah
Wajib atas pembimbing laki-laki maupun perempuan, sama saja apakah sebagai guru, pengajar, bapak atau pun ibu, untuk mengajarkan kepada anak wasiat-wasiat yang bermanfaat bagi mereka dan menuliskan untuk mereka di papan tulis agar mereka menulisnya dalam buku-buku tulis mereka untuk mereka hafal. Kemudian menerangkan wasiat-wasiat tersebut kepada mereka. Sungguh telah datang hadits yang shahih.
Inilah nashnya:
Dari Ibnu 'Abbas radhiyallahu 'anhuma, dia berkata: Pernah pada suatu hari aku berada di belakang Nabi shallallahu 'alaihi wasallam maka beliau bersabda kepadaku: "Wahai anak muda, sesungguhnya aku akan mengajarkan kepadamu beberapa kalimat:
1⃣
إِحْفَظِ اللّهَ يَحْفَظْكَ
Jagalah Allah, niscaya Allah akan menjagamu.
Yaitu laksanakanlah perintah-perintah Allah dan jauhilah larangan-larangan-Nya, Allah pasti menjagamu di dunia dan di akhirat.
 2⃣
إِحْفَظِ اللّهَ تَجِدْهُ تُجَاهَكَ
Jagalah Allah, kamu akan dapati Allah di hadapanmu.
Yaitu di depanmu. Jagalah batasan-batasan Allah (syariat Allah) dan perhatikan hak-hak-Nya, niscaya kamu akan dapati Allah memberikan taufik kepadamu dan menolongmu.
3⃣
إِذَا سَأَلْتَ فَاسْأَلِ اللَّهَ, وَإِذَا اسْتَعَنْتَ فَاسْتَعِنْ بِاللَّهِ
Apabila kamu meminta, maka mintalah kepada Allah 'Azza wajalla. Dan apabila kamu memohon pertolongan, mohonlah kepada Allah 'Azza wajalla.
Yaitu apabila kamu meminta pertolongan terhadap perkara-perkara dunia dan akhirat maka mintalah pertolongan kepada Allah 'Azza wajalla. Terlebih lagi pada perkara-perkara yang tidak ada yang mampu kecuali Allah 'Azza wajalla saja, seperti penyembuhan penyakit atau meminta rezeki maka hal ini adalah perkara-perkara yang khusus hanya kepada Allah 'Azza wajalla saja.
4⃣
وَاعْلَمْ أَنَّ الأمّةَ لَوْ اجْتَمَعَتْ عَلَى أَنْ يَنْفَعُوكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَنْفَعُوكَ إِلاَّ بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللَّهُ لَك، وَإِنِ اجْتَمَعُوا عَلَى أَنْ يَضُرُّوكَ بِشَيْءٍ لَمْ يَضُرُّوكَ إِلاَّ بِشَيْءٍ قَدْ كَتَبَهُ اللَّهُ عَلَيْكَ رُفِعَتْ الْأَقْلاَمُ وَجَفَّتْ الصُّحُفُ
Ketahuilah bahwasanya seandainya umat ini bersatu untuk memberikan manfaat kepadamu dengan sesuatu, maka mereka tidak akan mampu memberikan manfaat kepadamu kecuali dengan sesuatu yang telah Allah takdirkan kepadamu, dan apabila mereka bersatu untuk memberikan mudhorot kepadamu dengan sesuatu, mereka tidak akan mampu memberikan mudhorot kepadamu kecuali dengan sesuatu yang telah Allah tuliskan kepadamu. Pena-pena telah diangkat, dan lembaran-lembaran (takdir) telah kering.
[HR. at-Tirmidzi, dan ia berkata: hadits hasan shahih]
Seorang muslim wajib beriman kepada takdir yang telah Allah tuliskan untuknya, yang baik dan yang buruk.

Dikutip dari buku "Kiat Sukses Mendidik Anak" terjemahan kitab Nidaaun ilal Murobbiyyiin wal Murobbiyyaat - Pustaka al Haura Yogyakarta.
Majmu'ah Tarbiyatul Aulad
-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAKI-LAKI IDAMAN

BAHASA ARAB YANG BIASA DIPAKAI SEHARI-HARI