Siapa Al-Firqotun Najiyah

Ir. EKAJAYA

Al-Firqotun Najiyah artinya golongan yang selamat. Yaitu selamat dari api neraka sebagaimana yang telah diingatkan Nabi ﷺ bahwa umatnya di belakang hari akan terpecah menjadi tujuhpuluh tiga golongan, semuanya di neraka kecuali satu golongan saja yang selamat yaitu "Al-Jamaah".
(HR. Al-Lalaka'i dalam "Syarh Ushul I'tiqod Ahlissunnah" 149 dihasankan oleh Syaikh Al-Albani "Silsilah Ash-Shohihah" 1492)
Dalam riwayat lain yang dimaksud golongan yang selamat adalah "Mereka yang berjalan di atas jalanku pada hari ini dan jalan para shohabatku".
(HR. At-Tirmidzi 2641 dihasankan oleh Syaikh Al-Albani "Shohihul Jami’" 5343)
Syaikh Al-'Allamah Hafidzh Hakami menjelaskan, “Sungguh Rosulullah ﷺ telah mengabarkan bahwa "Al-Firqotun Najiyah" adalah orang-orang yang beragama dengan cara beragamanya Nabi ﷺ dan para shohabatnya.”
(Ma’arijul Qobul 1/19)
Selama hayat masih dikandung badan tidak ada yang dapat menjamin dirinya selamat dari ancaman api neraka. Kendati demikian Nabi ﷺ telah mengingatkan bahwa satu-satunya jalan yang akan menyelematkan kita dari penyimpangan hanyalah dengan mengikuti sunnah (cara beragama) beliau dan para shohabatnya baik dalam perkara aqidah, ibadah, muamalah.
Semoga Allah menggolongkan kita termasuk Al-Firqotun Najiyah serta menjauhkan kita dari jalannya ahlul bid'ah yang menyelisihi sunnah Nabi ﷺ dan para shohabatny

Sumberkajian: manhajulhaq


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAKI-LAKI IDAMAN

BAHASA ARAB YANG BIASA DIPAKAI SEHARI-HARI